Blogger templates

Rabu, 03 November 2010

LENGKUAS (Alpinia galanga Stuntz.)

lengkuas-1

LENGKUAS (Alpinia galanga Stuntz.) | Tanaman ini termasuk familia Zingiberceae.

Kandungan :

galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cionnamate.

Nama lain : laos.

Kegunaan :

Panu.

a)     Sepotong lengkuas segar dicuci, memarkan salah satu ujungnya. Bagian yang memar dan berserabut dicelupkan ke 1 sendok makan cuka, sapukan ke bercak panu yang sudah dibersihkan. Lakukan 2-3 kali sehari sampai sembuh.
b)     Seibu jari lengkuas segar dicuci dan parut, 10 helai daun belimbing wuluh dicuci, lumatkan bersama 1 sendok teh kapur sirih dan garam, campur, oleskan ke panu 2-3 kali sehari sampai sembuh.

Nyeri haid.

Seibu jari lengkuas segar, setelunjuk kunyit dicuci, kupas, memarkan, 1 sendok makan penuh ketumbar, 3 tanaman meniran beserta akarnya, cuci, rebus semua dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk digunakan 2 hari. Minum pagi dan sore @ 1/2 gelas. Yang belum terminum simpan di lemari es.

Kutil.

a)     Sepotong lengkuas dicuci, parut, ulek bersama 2 sendok teh penuh kapur sirih, oleskan ke kutil beberapa kali sehari sampai sembuh.
b)     Sepotong lengkuas dicuci, parut, lumatkan bersama 1 bawang putih yang dikupas, cuci serta diberi 1 sendok teh cuka. Lalu oleskan pada kutil.

Obat kuat.

a)     2 potong lengkuas segar @ sebesar ibu jari, 3 potong jahe segar seibu jari dicuci, parut, peras dengan kain. Campur airnya dengan sebutir ragi tapai yang dihaluskan dengan air dari 2 jeruk nipis, garam, 1/2 sendok teh merica dan 1/2 gelas air, aduk. Minum secara berkala.
b)     Lengkuas dicuci, memarkan, rebus sampai airnya tinggal setengah dan minum secara berkala.

Menguatkan otot yang lama tidak digerakkan karena sakit atau rematik.

Beberapa potong lengkuas segar dicuci, parut, peras dengan kain, gosokkan ke bagian tubuh yang lemah. Lengkuasnya bisa dipakai untuk menggosok.

Limpa bengkak.

2 potong lengkuas segar seukuran ibu jari, 3 potong temu lawak seukuran ibu jari, dicuci, iris, rebus bersama secangkir daun meniran dan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah, minum separuh pagi dan separuh sore. Ulangi sampai sembuh.

Membersihkan darah.

2 potong lengkuas sebesar ibu jari dikupas, parut, beri 1/2 gelas air, peras dengan kain. Minum airnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More