Blogger templates

Rabu, 03 November 2010

LANDEP (Barleria prionitis L.)

landep-barleria-prionitis-l-2

LANDEP (Barleria prionitis L.) | Tanaman termasuk familia Acanthaceae. Tumbuhan ini berasal dari Asia tropik dan Afrika Selatan. Di Indonesia ditemukan di daerah yang beriklim kering, tumbuh luar atau ditanam untuk pagar dari dataran rendah sampai 400 meter di atas permukaan laut.
Untuk pengembangbiakannya : dengan biji atau setek batang.

Nama lain :

bunga landak (Melayu); jarong, kembang landep (Sunda), landep (Jawa), landhep (Madura).

Tanaman ini mengandung :

saponin, flavonoida, tanin, garam kalium, silikat, sedang akarnya mengandung: saponin, flavonoida, dan polifenol.

Kegunaan :

Luka:

Sebanyak 15 g akar landep dicuci bersih. Tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih. Tumbuk sampai lumat, kemudian tempelkan pada luka.

Kurap, panu:

Akar secukupnya digiling halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis, lalu diaduk merata sampai seperti bubur. Balurkan pada kurap, lalu dibalut. Ganti 2x sehari, sampai sembuh.

Rematik, sakit pinggang, sakit kepala:

Sebanyak 1 genggam daun landep segar dicuci lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai menjadi seperti bubur kental. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit. Bila sakit kepala balurkan di kening.

Sakit gigi:

Daun dikunyah dengan gigi yang sakit.

Gusi nyeri dan berdarah:

Daun landep segar dicuci lalu digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.

Demam, sakit perut, kencing sedikit:

Sebanyak 1 genggam daun landep segar dicuci lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin disaring, lalu diminum.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More